ANALISIS PEMILIHAN PERUMAHAN SEDERHANA BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus Perumahan Di Kecamatan Sematang Borang-Sako Palembang)

Main Article Content

delli noviarti Muhammad Muhammad Farouk

Abstract

Rumah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dan termasuk pada kebutuhan pokok atau primer. Pemilihan rumah tinggal tentu sangat penting karena kemungkinan sebagian besar orang akan menempatinya dalam jangka waktu yang panjang. Umumnya ada 4 hal yang sangat penting dalam pemilihan suatu perumahan, yaitu masalah harga rumah, lokasi rumah terhadap sarana umum, type rumah, dan kondisi lingkungan. Keempat pertimbangan di atas merupakan hal yang paling sering dinilai konsumen calon pembeli perumahan dalam membeli perumahan. Ada beberapa cara penilaian dari bebrapa kriteria, salah satunya adalah dengan cara perhitungan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana semua hal dinilai berdasarakan normalisasi matriks yang digunakan dalam perhitungannya. Setiap calon konsumen akan dibagikan kuisioner, dimana calon pembeli yang berperan sebagai resonden akan memberikan penilaian mengenai pembandingan antrara nilai perumahan satu dengan perumahan yang lain yang berdekatan. Ketiga komplek perumahan yang dijadikan penelitian adalah perumahan dengan harga ekonomis yang diperuntukan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) atau di bawah UMR kota Palembang.


 


Kata Kunci : Perumahan, AHP, MBR.


 

Article Details

How to Cite
NOVIARTI, delli; MUHAMMAD FAROUK, Muhammad. ANALISIS PEMILIHAN PERUMAHAN SEDERHANA BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus Perumahan Di Kecamatan Sematang Borang-Sako Palembang). TEKNIKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 22-35, july 2019. ISSN 2355-3553. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/101>. Date accessed: 18 nov. 2019.
Section
Articles