ANALISA PENGARUH VARIASI ARUS LISTRIK PADA PENGELASAN SMAW TERHADAP KEKERASAN DAN BENDING PADA BAJA KARBON RENDAH Sifat mekanik, Uji Bending, Uji kekerasan Pengelasan SMAW,Baja karbon rendah

Main Article Content

Asmaun Asmaun Arodi Arodi Devi Devi

Abstract

Pengelasan (Welding) adalah teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan logam dengan menggunakan Baja Karbon Rendah yang sering dipergunakan sebagai bahan konstruksi maupun jembatan serta bangunan lainnya, dan bahan ini mempunyai sifat yang mudah mengalami patahan. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sifat mekanik serta hubungan lainnya dari hasil pengelasan SMAW dengan variasi kuat arus listrik dalam pengelasan menggunakan elektroda E6014, penelitian ini menggunakan penelitian eksprimental untuk memperoleh hasil tentang analisis besarnya kekuatan bending pada baja karbon rendah yang telah mengalami pengelasan SMAW dengan variasi kuat arus, data yang diperoleh dianalisis, yakni menjabarkan perbandingan specimen yang diberi perlakuan secara berbeda-beda ketika proses pengelasannya. Nilai dari hasil uji bending dan kekerasan  setiap kelompok di rata-rata. Setiap variasi kuat arus diambil 1 spesimen . Objek penelitian adalah baja karbon rendah dengan Kuat arus listrik pengelasan adalah 90 Ampere, 120 Ampere, 150 Ampere. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada pengelasan logam dengan kuat arus bervariasi, akibat pengaruh panas yang terjadi pada saat pengelasan dengan arus yang berbeda maka menyebabkan perubahan struktur mikro pada daerah HAZ.


Kata kunci: Sifat mekanik, Uji Bending, Uji kekerasan Pengelasan SMAW,Baja karbon rendah.

Article Details

How to Cite
ASMAUN, Asmaun; ARODI, Arodi; DEVI, Devi. ANALISA PENGARUH VARIASI ARUS LISTRIK PADA PENGELASAN SMAW TERHADAP KEKERASAN DAN BENDING PADA BAJA KARBON RENDAH. TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 243-254, dec. 2020. ISSN 2686-5416. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/151>. Date accessed: 06 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v7i2.151.
Section
Articles