Analisa Kelayakan Ekonomi Proyek Pembangunan IPAL Kota Palembang ( Studi Kasus Pada Jalan RE Martadinata Kelurahan II Ilir )

Main Article Content

Osfaldo Osfaldo delli noviarti

Abstract

Pemerintah telah melaksanakan pembangunan jaringan IPAL untuk membantu meningkatkan kesehatan dan produktivitas masyarakat Kota Palembang. IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah merupakan suatu sistem untuk mengolah air limbah (domestik maupun industri) yang dilakukan secara terpusat sehingga ketika dibuang ke lingkungan sudah tidak mencemari lagi. Berdasarkan survey, wawancara dan analisis yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa dampak dari pembuangan limbah cair domistik di lingkungan masyarakat kelurahan 2 Ilir ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan, serta banyak meinimbulkan kerugian, terutama dapat menyebabkan banjir pada setiap datangnya hujan, menyebabkan kerusakan infrstruktur jalan, rumah penduduk beserta isinya, serta bahaya pada kesehatan masyarakat. Berdasarkan analisa perhitungan maka diperoleh nilai BCR > 1 pada tahun 2030 atau 10 tahun dari sekarang, NPV > 0 juga pada tahun 2030 atau 10 tahun dari sekarang. Maka dapat disimpulkan bahwa life time nya bisa untuk 10 tahun. Juga didapat nilai IRR 9,88 % di atas suku bunga 8%, sehingga proyek ini memang layak untuk dilaksanakan. Tujuan proyek ini kedepannya untuk mengelola air limbah sehingga dapat digunakan kembali (reuse), maka tentu benefit yang akan didapatkan ke depannya akan lebih banyak.



Kata Kunci: IPAL, Kelurahan II Ilir, Kelayakan ekonomi

Article Details

How to Cite
OSFALDO, Osfaldo; NOVIARTI, delli. Analisa Kelayakan Ekonomi Proyek Pembangunan IPAL Kota Palembang ( Studi Kasus Pada Jalan RE Martadinata Kelurahan II Ilir ). TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 21-32, july 2021. ISSN 2686-5416. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/165>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v8i1.165.
Section
Articles