PERBANDINGAN GAYA GESEK FLUIDA/STOKES ANTARA PELUMAS BARU DAN PELUMAS BEKAS

Main Article Content

Elina Sandra

Abstract

Konsep mekanika fluida adalah konsep yang membahas gerak atau aliran zat cair dan zat gas. Dalam dunia permesinan, fluida dan mekanikanya memiliki peran yang cukup dibilang penting dan sangat krusial. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan perbedaan gaya gesek suatu fluida berjenis pelumas mesin baru dalam kemasan dengan yang sudah dipakai. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap adalah sebagai berikut Persiapan Penelitian dan Pengujian. Lokasi Penelitian dilakukan di Laboratorium Konversi Energi Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Taman siswa Palembang. Variabel yang dipakai pada penelitian kali ini adalah  jenis oli yang digunakan, yaitu 10W-30 merek AHM OIL MPX1 untuk oli baru dan oli bekas. Variasi beban bola dengan diameter 7 (tujuh), 9 (Sembilan) dan 20 (duapuluh) mm.


Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpuklan semakin besar sebuah beban yang dijatuhkan ke dalam suatu fluida akan berbanding lurus pula gaya gesek yang dialami oleh benda/beban tersebut. Pada variabel jenis pelumas pada penelitian ini, bahwa gaya gesek yang terjadi pada sebuah beban yang bergerak di dalam pelumas baru yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan pelumas bekas.

Article Details

How to Cite
SANDRA, Elina. PERBANDINGAN GAYA GESEK FLUIDA/STOKES ANTARA PELUMAS BARU DAN PELUMAS BEKAS. TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 85-91, july 2021. ISSN 2686-5416. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/182>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v8i1.182.
Section
Articles