ANALISIS DAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL TERHADAP TARIF ANGKUTAN KAPAL CEPAT STUDI KASUS : KM. EXPRES BAHARI LINTAS PALEMBANG-MUNTOK.

Main Article Content

Ramadhani Ramadhani Achmad Mahdor Alfarizi

Abstract

Transportasi merupakan sesuatu yang penting dan stategis dalam memperlancar roda pembangunan, sebagai penunjang, pendorong dan penggerak bagi pertumbuhan daerah yang berpotensi namun belum berkembang dalam  upaya peningkatan dan pemerataan pembangunan serta hasil-hasilnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung biaya operasional kapal cepat KM. Expres Bahari yang beroperasi pada lintasan Palembang-Muntok dan menghitung tarif yang sesuai dengan faktor muat rata-rata lalu lintas dan yang sesuai dengan Load Faktor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei langsung kelokasi penelitian, dan pengumpulan data dilakukan dengan menganalisa biaya operasional kapal, menghitung biaya operasional kapal,  dan fakor muat (Load Factor). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Biaya langsung sangat dipengaruhi oleh biaya tidak tetap sebesar 98% dan biaya tetap hanya 2% sedangkan biaya tidak langsung hanya 37% untuk biaya tetap dan 63% untuk biaya tidak tetap sedangkan faktor load faktor 70%  yaitu sebesar Rp 151.600. 


Kata Kunci:  tinjauan,  tarif,  angkutan.

Article Details

How to Cite
RAMADHANI, Ramadhani; ALFARIZI, Achmad Mahdor. ANALISIS DAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL TERHADAP TARIF ANGKUTAN KAPAL CEPAT STUDI KASUS : KM. EXPRES BAHARI LINTAS PALEMBANG-MUNTOK.. TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 74-82, june 2017. ISSN 2686-5416. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/41>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v3i1.41.
Section
Articles