Analisa Daya Dukung Tiang Pancang Mini (Mini Pile) Pada Proyek Pembangunan Gedung Layanan Pendidikan Poltekkes Kemenkes Palembang

Main Article Content

Rajib Bithom Thomi RR Susi Riwayati

Abstract

Pembangunan suatu konstruksi, pertama – tama sekali yang dilaksanakan dan dikerjakan dilapangan adalah pekerjaan pondasi ( struktur bawah ) baru kemudian melaksanakan pekerjaan struktur atas. Pembangunan suatu pondasi sangat besar fungsinya pada suatu konstruksi. Secara umum pondasi didefinisikan sebagai bangunan bawah tanah yang meneruskan beban yang berasal dari berat bangunan itu sendiri dan beban luar yang bekerja pada bangunan ke tanah yang disekitarnya. Pondasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pondasi tiang pancang dengan sistem hidrolik.


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan menghitung daya dukung tiang pancang (mini pile) menggunakan data cone penetration test (CPT) dengan metode lansung dan metode Van Der Ween, data standart penetration test (SPT) dengan metode Mayerhoff dan Luciano De Court, dan hasil perhitungan korelasi pembacaan manometer pada Hydraulic Jack.


Perhitungan kapasitas daya dukung rata-rata kedalaman 12 m pada data sondir (CPT) menggunakan Metode Langsung lebih efektif dibandingkan Metode Van Der Ween karena menghasilkan daya dukung rata-rata yang lebih besar dengan Qult (186,75 > 66,96) ton, dan Qijin (45,30 > 22,57) ton, pada data standard penetration test (SPT) menggunakan Metode Luciano De Court lebih efektif dibandingkan Metode Mayerhoff  karena menghasilkan daya dukung rata-rata yang lebih besar dengan Qult (197,08 > 139,22) ton dan Qijin (65,69 > 46,41) ton.


Kata Kunci: Pondasi tiang, kapasitas daya dukung

Article Details

How to Cite
THOMI, Rajib Bithom; RIWAYATI, RR Susi. Analisa Daya Dukung Tiang Pancang Mini (Mini Pile) Pada Proyek Pembangunan Gedung Layanan Pendidikan Poltekkes Kemenkes Palembang. TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 37-48, july 2020. ISSN 2686-5416. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/130>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v7i1.130.
Section
Articles