ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PROYEK REVITALISASI DAN PERLUASAN DEPO KONTAINER DI PT. BHANDA GHARA REKSA DRIVE IV PALEMBANG)

Main Article Content

feri yuliansyah Dwi Arneta

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan proyek konstruksi untuk mengurangi potensi kecelakaan kerja, dan meminimalisasi resiko kerugian moral maupun material, kehilangan jam kerja, maupun keselamatan manusia dan lingkungan sekitarnya yang nantinya dapat menunjang peningkatan kinerja yang efektif dan efisien.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan fasilitas K3, menganalisa penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), dan Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat penerapan K3.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara observasi dan penyebaran kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan berasal dari Peratutan Menteri PU No. 9 Tahun 2008 tentang pedoman SMK3 Konstruksi bidang pekerjaan umum.


Hasil dari penelitian adalah ketersedian APD dan Fasilitas K3 pada proyek Revitalisasi Dan Perluasan Depo Kontainer di PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR) Divisi Regional IV Palembang sebesar 87,5% , sedangkan untuk pelaksanaan SMK3 sebesar 74,01%. Tidak disediakannya APD bagi pekerja dan kurangnya kepedulian dari para pekerja untuk menggunakan APD dengan baik menjadi faktor utama penghambat penerapan SMK3.

Article Details

How to Cite
YULIANSYAH, feri; ARNETA, Dwi. ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PROYEK REVITALISASI DAN PERLUASAN DEPO KONTAINER DI PT. BHANDA GHARA REKSA DRIVE IV PALEMBANG). TEKNIKA: Jurnal Teknik, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 205-215, nov. 2020. ISSN 2686-5416. Available at: <http://www.teknika-ftiba.info/teknika/index.php/1234/article/view/144>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35449/teknika.v7i2.144.
Section
Articles